Trending

Jernihnya 7 Danau di Indonesia Ini Bagaikan Kaca

danau1

“Sungguh indah negeri ini” bukanlah suatu ungkapan yang omong kosong. Banyak sekali kekayaan alam di Indonesia yang belum kita ketahui. Salah satu kekayaan negeri ini adalah danau yang airnya sebening kaca. Ya, air di danau ini sangatlah jernih sampai-sampai dasar danau pun kelihatan. Keunikan lainnya adalah beberapa danau tersebut mempunyai pasir yang putih layaknya pantai. Membayangkannya saja sudah inigin melompat dan berenang ya teman-teman. Langsung saja kita sima 7 Danau Sebening Kaca di Indonesia.

 

  1. Danau Labuan Cermin

Danau ini terletak di Kecamatan Biduk – Biduk, Kalimantan Timur. Keunikan lainnya yaitu air ini terasa asin dibagian bawah namun tawar dibagian atas. Banyaknya gambar yang beredar di internet tentang danau ini bukanlah hisapan jempol belaka.

 

danau1Anda seakan tertipu, seperti gambar diatas ada perahu terbang! Padahal itu adalah perahu diatas danau yang airnya memang benar-benar jernih. Sebening kaca bukan? Tidak, bahkan kaca pun kalah!

 

2. Danau Kaco
Danau ini bisa anda temukan di Taman Nasional Kerinci Seblat. Danau yang sangat indah ini mempunyai air yang sangat jernih sampai-sampai anda bisa melihat akar pohon disekitarnya. Karena beningnya danau ini dinamakan Danau Kaco yang artinya Danau Kaca.

 

danau2

Keunikan lainnya pada malam hari danau ini memantullkan cahaya yang cukup terang, bahkan jika anda bermalam disekitar danau ini anda tidak perlu mebawa lampu penerangan karena disini sudah cukup terang!

 

  1. Danau Weekuri

Keindahan danau ini dihiasi oleh lumut yang tumbuh dipinggiran tebing danau secara harmonis, sangat menyatu dengan jernihnya air danau. Dikelilingi tebing yang tertutup lumut. Bagi penduduk di daerah Sumab, danau ini sudah menjadi primadona sejak lama.

 

danau3
Jika anda perhatikan warna biru keputih-putihan itu adalah disebabkan oleh jernihnya air sehingga pasir didasar danau terlihat. Keunikan lainnya adalah danau ini memiliki beberapa sumber mata air. Sehingga anda bisa merasakan air dingin serta air hangat di danau ini.

 

  1. Danau Segara Anakan

Sebenarnya pulau Jawa juga memiliki danau yang sangat indah. Danau ini terletak di Pulau Sempu, Malang. Tidak percaya? Coba berkunjung saja. Dikenal juga dengan nama Danau Purba karena danau ini sudah terbentuk sejak sangat lama, diperkirrakan sudah terbentuk jutaan tahun yang lalu. Anda juga akan merasa tertipu, ini danau bukan pantai! Sungguh unik bukan?
danau4
Jika kalian berkunjung ke danau ini, kalian akan mendapati sebuah lubang di satu sisi danau, air laut keluar dari lubang ini dan menimbulkan efek seperti air terjun. Semakin menarik jika kita berkemah di tepi danau ini, anda akan merasakan pemandangan malam yang sangat menakjubkan.

 

5. Danau Kakaban
Keunikan yang terdapat di danau ini adalah anda bisa berenang bersama ratusan ubur-ubur, tanpa perlu takut tersengat. Sebenarnya danau ini terhubung dengan laut, namun itu terjadi beberapa juta tahun yang lalu. Sebagian dasar laut terangkat sehingga menciptakan tebing yang memisahkan sebagian perairan dengan kehidupan dasar laut.
danau5
Ubur-ubur disini sangat unik karena tidak menyengat karena sudah jutaan tahun mereka terlindungi dari predator sehingga mereka berevolusi menjadi ubur-ubur yang tidak mempunyai sengat.

 

  1. Danau Matano

Danau Matano terletak di Luwu Timur, Sulawesi Selatan dan memiliki kedalam hingga 600 meter. Keunikan yang dimiliki danau ini adalah cerita yang menyebutkan terdapat gua bawah air di danau ini dan ikan purba.
danau6
Namun cerita-cerita tersebut bukanlah sekedar cerita, jika ditelusuri anda akan menemukan total enam gua yang ada dibawah permukaan. Keunikannya tidak berhenti disitu, anda akan menemukan barang-barang peninggalan sejarah di gua tersebut, bahkan anda akan jangan kaget jika menemukan tulang belulang manusia karena pada zaman dahulu masyarakat disekitar danau ini memasukkan tubuh orang yang meninggal ke dalam liang batu di dalam gua.

 

  1. Danau Biru

Sangat unik bentuk danau ini, karena sangat mirip seperti sumur raksasa yang berwarna biru jernih dan terdapat tebih yang memisahkannya dngan lautan. Kedalaman danau  ini bisa sampai 7 meter, sangat tidak dianjurkan berenang di danau ini karena kedalamannya itu.
danau7
meskipun begitu tidak dianjurkan berenang, dengan mengunjunginya pun anda sudah sangat terpuaskan karena keindahannya. Jika anda sedang berlibur ke Kolaka Utara, anda wajib mengunjunginya. Kabarnya jika beruntung anda akan menemukan harta karun berupa emas dan batu giok disana!!

 

Most Popular

To Top