Kesehatan

Cara Ampuh Kenali Gejala Stroke Lewat Cara FAST

fast

Rawuh.com – Stroke merupakan penyakit nomor satu yang dapat mematikan bagi para penderitanya. Penyakit tersebut juga bisa menyerang segala umur, terutama usia lanjut.

Maka dari itu, Dokter ahli saraf Peter Gunawan menjelaskan beberapa faktor yang meningkatkan risiko terserangnya stroke, antara lain naiknya tekanan darah, faktor usia serta gaya hidup seseorang.

Selain itu ada cara lain untuk mengetahui gejala dari stroke, yakni FAST. Cara tersebut sangat popular dan cukup berhasil di negara Amerika Serikat. FAST sendiri merupakan kepanjangan dari Face (wajah mencong/mulut menyon), Arm (tidak bertenaga, lengan lemas), Speech (pelo/bicara cadel), Time (waktu atau jangan buang waktu).

“Apabila melihat atau merasakan salah satu gejala dari FAST tersebut, antara lain wajah mencong, lengan lemas tidak bertenaga, sulit digerakkan, bicara cadel/pelo maka segeralah telpon ambulans atau dibawa ke rumah sakit terdekat. Ingat, harus langsung dibawa ke rumah sakit,” jelas Dr. Peter Gunawan.
\
Penyakit stroke terbagi menjadi dua jenis, pertama oleh penyumbatan pembuluh darah ke otak, kedua karena pecahnya pembuluh darah.

“Dalam kasus serangan stroke istilah waktu berarti uang tidak berlaku, sebab yang berlaku waktu adalah otak atau time is brain. Apabila terlambat, stroke bisa merusak jaringan otak yang akan sangat berbahaya bagi seseorang,” kata Peter.

Most Popular

To Top