Ispirasi

6 Kebiasaan Kucing Ini Mempunyai Maksud Tersembunyi

kucing1

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang mempunyai sifat manja dan setia terhadap majikannya. Ada saja ulah dari kucing yang membuat kita tertawa bahkan sampai terpesona. Kadang mereka mendesis atau menggosokkan tubuhnya kekaki kita dan sebagainya. Namun tahukah anda ada beberapa kebiasaan kucing yang memiliki maksud tersembunyi dari tingkahnya tersebut? Inilah 6 kebiasaan kucing dengan maksud tersembunyi didalamnya.

Mengeong

Yang ada dibenak kita kucing mengeong saat dia lapar, saat bermain atau berterima kasih. Tapi ternyata kucing mengeong karena kemampuan adaptasi mereka yang tinggi, suara yang dikeluarkannya saat mengeong meniru dari suara bayi manusia yang menangis.

Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi yang ditimbulkan saat kucing mengeong sangat mirip dengan frekuensi yang ditimbulkan tangisan bayi manusia.

Karena evolusi tingkah laku pada kucing yang menyerupai tangisan bayi inilah kenapa kita ingin segera member makan pada kucing yang sedang mengeong.

Mengubur kotoran

selama ini kita menganggap bahwa kucing memiliki kebiasaan yang bersih dengan mengubur kotoran setiap dia membuang air besar. Kebiasaan ini pula yang membantu meringankan pekerjaan kucing saaat merawatnya.

Tapi sebenarnya kebiasaan mengubur kotoran ini mempunyai maksud yang lain. Kucing memiliki ukuran tubuh yang tidak besar ataupun kecil, bisa dikatakan tanggung. Karena ukuran tubuhnya yang tanggung inilah kucing pasti memiliki musuh lain yang lebih besar.

Musuh atau predator ini pasti akan memburu kucing yang lemah dengan mengikuti baunya. Kotoran yang dikubur inilah strategi yang digunakan oleh kucing untuk mengelabui musuhnya. Dengan bau kotoran yang dikubur tersebut maka kucing akan terhindar dari musuhnya tanpa harus melakukan pertarungan.

Berbeda dengan kucing yang tidak memiliki kebiasaan mengubur kotorannya, berarti kucing seperti ini adalah golongan kucing yang ditakuti oleh kucing lain. Bahkan kucing seperti ini akan menandai wilayah kekuasaannya.

Menggosokkan tubuh pada kaki kita

Selama ini kita percaya bahwa kucing memiliki sifat yang manja karena sering menggosok-gosokkan tubuhnya kebadan kita terutama dikaki kita.

Namun tahukan anda sebenarnya kucing menggosokkan badannya karena kucing memiliki kelenjar yang menghasilkan feromon pada kulit.

Kandungan tersebut digunakan oleh kucing untuk berkomunikasi dengan kucing lainnya contohnya berkomunikasi tentang daerah kepemilikan atau jenis kelamin mereka. Sedangkan feromon diproduksi didaerah dekat dengan ekor, leher dekat muka dan bagian samping tubuhnya.

jenis-jenis kucing rumahan

Jadi jika kucing menggosokkan badannya ke bagian tubuh kita berarti kucing sedang melakukan pengklaiman daerah kepemilikannya.

Mendesis

Selama ini kita percaya bahwa kucing mendesis karena ingin terhindar dari perkelahian dengan kucing lainnya. Mereka member peringatan dengan mendesis agar lawannya menghindar. Biasanya kebiasaan mendesis ini dibarengi dengan menarik telinganya kea rah belakang.

Kita juga sering berpikir saat mereka mendesih berarti mereka sedang memiliki mood yang jelek sehingga menolak untuk diajak bermain.

Namun faktanya kebiasaan mendesis ini ternyata dilakukan untuk menghindari pertarungan dengan lawannya yang lebih besar. Kenapa memilih mendesis? Inilah hebatnya si kucing ini melakukan adaptasi.

Mereka mampu meniru kebiasaan hewan yang sangat ditakuti oleh kucing predator sekalipun, yaitu kebiasaan mendesisnya ular.

Kucing akan menakuti lawannya dengan meniru gerakan ular yang mendesis dan merubah bentuknya layaknya ular dengan menarik telinganya kebelakang sehingga musuh akan berpikir ulang untuk menyerang si kucing.

Mandi kucing

Selama ini kita berpikiran bahwa kucing merupakan salah satu hewan yang peduli akan kebersihan. Hal ini ditunjukkan dengan dengan menjilati tubuhnya agar tetap terjaga kebersihannya.

Namun tahukah anda sebenarnya kucing menjilati tubuhnya untuk menghilangkan bau lain, termasuk bau anda. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kucing mempunyai kelenjar yang menghasilkan feromon untuk berkomunikasi dengan sesamanya.

Bila terdapat bau lain, maka komunikasi ini tidak akan maksimal, untuk itu kucing menjilati bulunya. Dia menyingkirkan bau lain yang melekat di tubuhnya (termasuk bau anda) dan menstimulasi kelenjarnya untuk kembali menghasilkan feromon. Jadi jangan heran bila kucing anda selalu menjilati tubuhnya setelah anda peluk.

kucing persia rumahan

Ritual Kucing Kawin

Selama ini kita menganggap bahwa kucing betina tidaklah mudah untuk dikawini. Perlu proses merayu yang lama hingga berjam-jam hingga sang kucing jantan bisa mengawini sang betina.

Namun tahukah anda ternyata kucing betina memang tidak langsung menerima jantan yang mengajaknya kawin karena mempunyai alasan tertentu. Apakah karena harga diri? Atau karena ingin dirayu dulu?

Ternyata tidak, saat ada jantan yang mengajak betina untuk kawin, sang betina akan mengeong keras memanggil semua pejantan lain untuk berkompetisi.

Yang menang akan mendapatkan hak istimewa untuk kawin dengannya. Hal ini merupakan naluri wajar karena sang kucing betina hanya menginginkan sperma terbaik dari kucing jantan paling kuat yang masuk ke rahimnya.

2 Comments

2 Comments

  1. Dewi ayu

    14 April 2017 at 16:43

    pinter banget kucing kalau merayu, selalu saja mengeong saat minta makan. Bikin majikannya gak tega. Pasti langsung pengen kasi makan dia. Tapi gak apa-apa sih. masih lebih bagus daripada dia gak ngasik tanda ke kita.

  2. Kartika suka Kucing

    30 Desember 2017 at 07:57

    udah kayak ular aja kucing mendesis… Kadang pas kucing berantem malah saya kira kayak bayi nangis. Ada-ada aja si kucing. Yang bikin saya suka sama kucing kebiasaanya yang suka mengeong sama suka jalan-jalan di samping saya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top