Teknologi

Inovasi Mobil Berbahan Bakar Bensin dari Surabaya

mobiludara1

Kabar mengejutkan ini berasal dari negeri kita tepatnya di kota Surabaya. Seorang dokter yang bekerja di klinik Cita Husada membuat sebuah mobil yang ramah lingkungan dengan mesin yang unik. Dokter ini bernama Helmy Djafar, ia memodifikasi mesin yang mampu menerima udara sekitar dan dikompressi dengan tekanan tinggi sehingga diklaim mampu menggerakkan mesin dan membuat mobil tersebut berjalan.

Selain mampu menggerakkan mesin, udara buang dari mobil ini mampu menghasilkan listrik yang bisa digunakan untuk menyalakan penyejuk ruangan.

mobiludara2

Ide ini berawal karena Helmy memang menyukai otomotif bahkan ia pernah kuliah di jurusan Tekhnik Elektronika di Universitas Negeri Surabaya meskipun tidak sampai menyelesaikan studinya itu.

Keinginan Helmy membuat mobil tenada udara ini sebenarnya sudah muncul sejak 15 tahun yang lalu, namun karena banyaknya masalah yang dihadapi maka akhinrnya di menghentikan proyeknya.

Semangatnya kembali saat di Indonesia semakin marak bermunculan mobil bertenaga listrik, rasa penasaran pun tk tertahankan lagi. Akhirnya saat itu tahun 2013 sudah mengenalkan toekhnologi ciptaanya yang ia sebut mobil udara. Beruntung dia banyak dibantu oleh beberapa sahabatnya, Pak Agung dan Sony.

mobiludara3

Mobil buatannya ini tergolong sangat murah hanya dengan memanfaatkan udara yang dimasukkan kedalam sebuah tabung kompresor seberat kurang lebih 20kg. mobil ini mampu melaju dengan kecepatan 60-70km/jam.

Keunikan lain mobil ini adalah beberpa bagian komponen mobil didapatkan dari barang bekas, meskipun begitu kualitas mobil ini mampu bersaing dengan mobil pada umumnya karena mobil ini mempunyai mesin yang tahan panas dan udara buangnya mampu mengalirkan listrik pada mobil.
mobiludara4
Dana yang dihabiskan untuk memproduksi mobil ini adalah sekitar 300 juta. Biaya tersebut dikeluarkan untuk pengembangan dan penyempurnaan mesin, sehingga tidaklah sedikit. Namun kelak jika mobil ini akan diproduksi secara masal tentu saja dana yang dikeluarkan tidak sebesar itu, diperkirakan satu unit mobil udara hanya membutuhkan dana dibawah 50juta saja.

Mobil udara ini mulai terkenal sejak diberitakan di Metro TV, kami berharap munculnya terobosan yang baru lagi dan kami sangat menunggu berita tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top