Teknologi

Hebat!! Tank Ini Mampu Berkamuflase Saat Perang

tank4

Beberapa ilmuwan Swedia di Bae System sedang mengembangkan mobil yang bisa berkamuflase layaknya mobil James Bond merk Aston Martin V12. Namun mobil yang akan dikembangkan tersebut dikhususkan untuk kendaraan-kendaran militer.

Tank ini menggunakan logam heksagonal khusus yang bisa menyamarkan tubuhnya dari serangan roket pendeteksi suhu panas. Proyek ini akan diuji cobakan pada dua tahun mendatang. Proyek ini dinamakan Adaptiv.

tank3

Terdapat kurang lebih 1.000 kepingan logam heksagonal untuk melapisi tank ini yang ukurannya sebesar telapak tangan orang dewasa. Cara kerja logam ini adalah sangat mudah untuk didinginkan dan dipanaskan sehingga dapat degan mudah juga memanipulasi pendeteksi panas.

 

tank2

Perangkat ini dilengkapi dengan sensor untuk mengetahui keadaan lingkungan sekitar. Selanjutnya, hasil dari pemindaian yang berbentuk pola-pola akan diproses di lambung tank.  Di lambung tank ini menghasilkan citra infra merah ditampilkan, dengan begitu tak dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungannya dan musuh akan tertipu dengan mengira tank ini adalah sebuah bis bahkan seekor sapi.

 

tank1

Pemimpin proyek ini, Peter Sjolund menyampaikan bahwa perangkat ini mempunyai prinsip yang hampir sama seperti televisi termal. Sistem yang digunakan adalah membawa banyak gambar yang sudah disimpan dan juga mengambil gambar baru sesuai lingkungan di sekitarnya. Pengembangan yang selanjutnya pasti akan lebih canggih.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top