Teknologi

5 Negara dengan Suhu Terdingin di Dunia

rusia1

Bersyukurlah bagi kita yang hidup di negara tropis yang memiliki dua musim, jadi tidak terus menerus hujan ataupun tidak terus terusan panas. Karena musim yang seimbang inilah Indonesia menjadi negara yang subur dan hampir semua tumbuhan bisa hidup di tanah kita.

Sangat berbeda dengan beberapa begara di belahan dunia yang lain. Negara-negara tersebut sangat dingin bahkan setiap tahunnya yang dirasaka    aran hanyalah suhu dingin. Ya, negara-negara tersebut terletak di belahan bumi bagian lingkar kutub utara.

Maka dari itulah kebanyakan warga dari negara-negara ini lebih sering menghabiskan waktu mereka di dalam rumah. Mereka menyibukkan diri di dalam rumah untuk menghangatkan tubuh. Ada negara yang karena dinginnya, warga tidak berani meninggalkan rumah untuk waktu yang lama. Kita bahas satu-persatu negara-negara yang mempunyai suhu paling dingin di dunia.

Rusia

rusia
Musim dingin yang terjadi di negara ini sangat lama dibandingkan dengan musim panasnya. Bahkan selama delapan bulan setiap tahunnya hanya ada salju dan hujan. Tercatat bahwa Rusia merupakan negara terdingin di dunia. Pakaian khas negara ini adalah mantel tebal dan topi bulu tebal. Pakaian ini wajib digunakan untuk berpergian. Pasti pakaian ini membuat mereka tetap hangat ya?

Kanada

kanada
Negara yang unik karena lokasinya yang berhimpitan antara hawa yang dingin dari Kutub Utara dan hawa hangat dari selatan. Meskipun begitu, Kanada merupakan negara terdingin di dunia setelah Rusia karena negara ini sangat sering tertutupi salju.

Mongolia

mongolia
Ketinggian negara inilah yang menyebabkan udara dingin yang sangat terasa karena Mongolia terletak di 4.900mdpl. Bahkan ketika musim panas pun udara di negara ini masih saja dingin. Jika diibaratkan, negara Mongolia layaknya Alaska yang terperangkap antara Rusia dan China. Musim dingin di Mongolia terjadi selama 6 bulan yaitu dari November-April akhir.

Finlandia

finlandia
Negara ini pernah mengalami suhu yang sangat dingin, yaitu -33°C. letak geografis negara Finlandia yang menyebabkan negara ini menjadi negara yang sangat dingin karena lokasinya terhimpit antara negara Rusia, Finlandia dan Swedia.

Islandia

islandia
Negara ini dilewati aliran Gulf Stream yang menjadikan negara ini unik, sangat dingin tapi bisa sangat hangat. Tapi keadaan ini sangat tidak bisa diprediksi karena kadangkala aliran Gulf Stream berbenturan dengan udara Arktik. Faktnya, di negara ini saat musim dingin bisa mencapai titik beku.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top