Kabupaten Subang Di Guncang Gempa Berskala 6,5 Richter

0 156

Rawuh.com – Gempa berkekuatan 6,5 skala Richter mengguncang Subang, Jawa Barat pada Rabu (19/10/2016) sekitar pukul 07.25 WIB.. Gempa tersebut juga dirasakan beberapa wilayah lainnya, seperti Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Padang, Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Lokasi gempa sendiri berada tepat pada 5,29 Lintang Selatan dan 108 Bujur Timur. Sedangkan titik gempa berlokasi di 120 km sebelah timur laut Subang. Gempa tersebut tidak akan menimbulkan tsunami.

“Posko BNBP sudah mengkonfirmasi dampak gempa di beberapa daerah. Intensitas gempa dirasakan III-IV MMI atau ringan hingga lemah. Dan beberapa wilayah bagian utara Banten, Jawa Barat dan Jakarta juga ikut merasakan gempa dengan lemah serta mengayun selama 5 hingga 8 detik,” kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas.

Dari laporan yang ada, tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan juga kerusakan bangunan. Sampai sekarang aktivitas masyarakat di daerah tersebut tetap berjalan normal seperti biasanya.

Sutopo juga menjelaskan terkait antisipasi bangunan- bangunan tinggi yang dibangun dengan konstruksi kuat dan tahan gempa. Menurut dia, Jabodetabek merupakan satu daerah rawan gempa yang sumbernya berasal dari daerah sekitar.

“Bukan hanya bangunan yang perlu disiapkan, akan tetapi manusianya juga harus disiapkan supaya mereka siap dalam menghadapi gempa yang bisa terjadi kapan saja,” jelas Sutopo.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.