Kesehatan

Buah Semangka Berikan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Dan Metabolisme Tubuh

semangka

Rawuh.com – Buah semangka memang mempunyai rasa manis serta kandungan airnya yang berlimpah sangatlah nikmat ketika dimakan saat cuaca sedang panas. Selain itu, buah semangka juga memiliki manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan dan menjaga metabolisme tubuh.

Karena di dalam semangka, terdapat kandungan energi, lemak, karbohidrat, gula, protein, air dan serat pangan. Sedangkan vitamin yang da di buah ini antara lain, vitamin B1, betakaroten, riboflavin (Vit B2), vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, asam pantotenat, kalium, fosfor, folat serta vitamin C, magnesium seng dan zat besi.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan badan.

• Membersihkan Jerawat
Apabila ingin kulit tidak sering berjerawat, gunakanlah buah semangka sebagai penangkalnya. Caranya dengan menjadikan semangka sebagai masker.

• Mengontrol Tekanan Darah
Tekanan darah yang tidak normal menyebabkan tubuh menjadi rentan penyakit, seperti stroke dan jantung. Sedangkan untuk menurunkan tekanan darah menjadi normal, tubuh membutuhkan senyawa karetonid dari buah. Salah satunya Semangka, buah tersebut dapat mencegah terjadinya pengerasan di dinding arteri maupun vena hingga tekanan berubah jadi normal.

• Sebagai Antioksidan
Kandungan likopen yang ada di dalam semangka berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang disebabkan karena polusi, melemahnya sistem imun serta makanan.

• Membantu Proses Detoksifikasi
Kulit semangka juga mengandung senyawa asam amino sutrulin dan arginin. Senyawa tersebut bisa mendorong proses dari pembentukan urea pada organ hati, sehingga sistem eksresi pada ginjal bisa berjalan lebih lancar.

Maka dari itu, jangan menyepelekan manfaat buah semangka karena buah tersebut memiliki berbagai senyawa, vitamin, nutrisi dan mineral. Konsumsilah buah semangka dari sekarang, supaya tubuh terhindar dari penyakit.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top