Local

Setelah Terkena Banjir Dan Tanah Longsor, Kini Angin Putting Beliung Terjang Kabupaten Pangandaran

pangandaran

Rawuh.com – Angin puting beliung memporak porandakan empat dusun di dua desa yang ada di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada Rabu (12/10/2016) sekitar pukul 14.00 WIB. Angin tersebut merusak ratusan rumah warga dan menyebabkan satu orang tewas.

“Di desa Karangjaladri itu dusun Astamaya, Buniayu serta Bojongsalawe. Satu lagi berasal dari desa Parigi kecamatan Parigi tepatnya di dusun Purwasari,” ungkap Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Yusri Yunus.

Selain itu, di beberapa tempat tampak warga sedang beraktivitas memotong pohon yang telah tumbang serta membersihkan sisa-sisa puing bangunan. Kepala Pelaksana BPBD, Nana Ruhena menyatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan tenda pengungsian serta mendirikan dapur umum untuk para pengungsi.

Untuk kerugian materiilnya, Nana Ruhena belum bisa memastikannya.

“Kami melakukan evakuasi secara gotong royong, secara bertahap membersihkan puing-puing,” jelas Nana.

“Kerugian materiil belum masuk semua dari wilayah, masih nunggu perhitungan. Belum ada kisaran estimasi, masing-masing Kecamatan ada kerugian tapi masih menghitung karena sebagian masuk jadi data yang dikompilasi belum lengkap. Karena masih ada kecamatan yang kurang kasih datanya dari desa,” tambahnya.

Sebelum peristiwa tersebut, Kabupaten Pangandaran lebih dulu terkena bencana alam yaitu banjir bandang dan tanah longsor yang mengakibatkan putusnya akses jalan utama Pangandaran-Ciamis.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top