Ispirasi

5 Hal Yang Tidak Boleh Orang Tua Lakukan di Depan Anak

Hal Tidak Boleh Orang Tua Lakukan di Depan Anak

Rawuh.com – Setiap orang tua tentu ingin anaknya memiliki akhlaq yang baik dan dapat tumbuh menjadi sosok yang bersahaja sehingga akan mudah diterima di lingkungannya. Semua keinginan tersebut tentunya tidak akan dapat diperoleh secara mudah. Dibutuhkan perjuangan yang besar serta usaha keras, dan kuncinya ialah kesabaran yang tidak pernah putus. Peran orang tua dalam mendidik anak – anak juga sangat berpengaruh yaitu dengan menjadi contoh atau tauladan yang baik.

Oleh karena itu, menjaga sikap serta perbuatan di depan anak kecil merupakan hal yang sangat penting dan harus benar – benar diperhatikan oleh orang tua. Oleh karena itu, 5 hal berikut ini adalah merupakan hal – hal  yang sebaiknya tidak Anda lakukan di depan anak – anak untuk menghindari peniruan perbuatan tercela tersebut yang seringkali dilakukannya.

Meluapkan Amarah di depan Anak

Bukan hanya amarah, kekesalan yang ditujukan kepada seseorang juga tidak dibolehkan untuk diekspresikan didepan anak – anak, terlebih lagi saat anak Anda masih terlalu kecil. Karena hal tersebut justru akan membuat mereka berpikir bahwa semua kekesalan yang Anda luapkan didepannya ialah akibat mereka. Tidak hanya itu, rasanya juga tidak bijak jika Anda meluapkan kekesalan didepan anak – anak secara berlebihan hanya karena hal kecil.

Sibuk Bermain Gadget

Seorang pakar parenting dan psikolog klinis bernama Carrie Contey mengungkapkan bahwa orang tua sebaiknya menyingkirkan ponsel atau gadget mereka saat sedang bersama anaknya jika Anda tidak ingin mereka nantinya akan menjadi sosok yang sibuk bermain dengan perangkat tersebut.

Berbohong

Semua bentuk kebohongan, baik kecil ataupun besar, tidak seharusnya ditunjukkan dan dilakukan didepan anak – anak. Karena mereka nantinya akan mempunyai asumsi bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang dibenarkan, akibat orang tuanya juga melakukan hal serupa. Sehingga hal tersebut ditakutkan dan dikhawatirkan dapat menjadi kebiasaan yang akan terbawa hingga nantinya mereka dewasa.

Menyembunyikan Sesuatu dari Pasangan

Menyembunyikan sesuatu dari pasangan merupakan satu dari sekian banyak hal yang seringkali dilakukan kepada sang buah hati tanpa Anda sadari. Apapun alasannya, hal tersebut tetap saja tidak boleh dilakukan atau ditunjukan di depan anak – anak. Karena hal tersebut dapat membentuk asumsi yang baru pada pribadi anak – anak kita dan mereka menganggap bahwa menyembunyikan sesuatu dari pasangan merupakan hal yang wajar dan diperbolehkan. Hal tersebut juga akan berpengaruh dan mengganggu otoritas pasangan.

Mencela Guru

Mencela serta mengejek guru yang tidak Anda sukai di depan anak – anak tentu merupakan hal yang tidak sebaiknya dilakukan. Karena hal tersebut dapat membuat anak berasumsi bahwa membenci serta mengejek seseorang yang tidak disukai merupakan hal yang dibenarkan dan juga menjadikan anak bisa saja membenci terhadap guru tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top